Cara menggoreng Rambak biar mekar dan enak.

oleh -2 views

Rambak merupakan oleh-oleh yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang telah dikeringkan dan diberi bumbu. Selain buah tangan, Rambak pula yang bikin mekar hubungan persahabatan kami.

Jadi begini nih ceritanya teman-teman online. Menjelang sore hari datanglah sosok laki-laki yang sudah lama tidak berjumpa ke rumah kami. Rasanya hampir tidak percaya bahwa ia muncul kembali sambil membawa oleh-oleh rambak.

Ya Allah, saya tidak melihat setan khan”. Ucapan sang sahabat.

Rasa syukur dan tidak percaya bahwa ia datang. Pertemuan tersebut memang terasa istimewa karena hampir belasan tahun ia menghilang dan kabar terakhir yang ia diterima bahwa Sang sahabat telah meninggal dunia di Jawa Timur.

Akhirnya mereka saling bercerita panjang lebar mengenai, apa saja yang terjadi selama sang sahabat menghilang. Obrolan panjang dan seru menghangatkan suasana dua orang sahabat . Tidak terasa matahari pergi dari peraduannya.

Cara menggoreng rambak biar mekar dan enak.

Rambak hadiah yang dikasih dari seorang sahabat cukup banyak kira-kira 500grm rambak mentah.

Sumpah deh, dikasih hadiah ini kok jadi bingung. “Bagaimana cara menggoreng nya biar mekar dan enak?, “.

Harap maklum ya teman-teman online, rambak makanan yang harga nya tergolong mahal. Jadi Mpo harus hati-hati nih jangan sampai salah pengerjaannya yang bisa membuat rambak ini tidak mekar.

Sampai akhirnya Mpo berbincang dengan salah satu mantan pegawai penjual kerupuk rambak. Nah, dari obrolan tersebut, Mpo mendapatkan tips cara menggoreng rambak biar mekar dan enak.

Tips pertama, rambak tidak perlu di jemur layaknya jenis kerupuk pada umumnya. Teman-teman online tidak perlu khawatir lagi kerupuk akan bantet karena rambak bisa mekar dengan sendirinya tanpa harus terkena sinar matahari. Unik ya.

Yang terpenting dalam proses menggoreng rambak adalah cara memanaskan minyak goreng. Teman-teman jangan memanaskan minyak goreng dengan api sedang ya. Akan tetapi harus dengan api kecil. Sudah tentu kegiatan ini bisa memakan waktu cukup lama oleh karena itu teman-teman meski harus sabar ya.

Setelah minyak menjadi panas lalu kita tinggal masukan rambak dan di goreng asal saja, jangan terlalu lama yang bisa membuat rambak menjadi gosong.

Rambak yang diberikan oleh sahabat berbentuk persegi panjang maka kita bisa memotong rambak tersebut menjadi dua bagian agar ukurannya tidak terlalu besar saat dimasukan di toples.

Nah, setelah rambak menjadi mekar buru-buru deh angkat dan tiriskan.

Oh ya, salah satu penyebab rambak jadi bantet minyak terlalu panas. Nah, jika hal ini terjadi, Teman-teman online bisa matikan kompor selama 5 menit lalu dinyalakan kembali untuk menggoreng lagi.

Kebetulan nih rambak yang dikasih sang sahabat rasanya adem dan Mpo menyukai rasa yang agak asin makanya Mpo tinggal menambahkan taburan garam setelah proses pendinginan kerupuk rambak.

Oh ya jangan lupa ya setelah itu dimasukan ke dalam toples kedap udara biar tidak melempem.

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun

Ke Majalengka naik kereta api.

Memang tidak menyangka, goreng rambak mekar bikin hepi

Tentang Penulis: MpoRatne

Gambar Gravatar
Satu cerita berjuta cinta
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments