Praktik Masak Makanan Khas Daerah Gorontalo Bernama Bilendango, Yuk

oleh -61 views

Praktik Masak Makanan Khas Daerah Gorontalo Bernama Bilendango, Yuk – Pandemi seperti ini banyak ibu yang menjadi rajin memasak. Sampai-sampai mencari berbagai macam resep masakan sehari-hari. Nah kali ini saya mau share resep makanan khas daerah Gorontalo bernama bilendango. Praktiknya mudah saja.

Kalau resep makanan khas daerah Jawa, makanan khas daerah Sunda, makanan khas daerah Betawi, makanan khas daerah Jawa Tengah, makanan khas daerah Jawa Barat, dan makanan khas daerah di Indonesia lainnya mudah diperoleh di internet, tak demikian dengan resep makan khas daerah Sulawesi.

Jadi semacam tantangan makanan khas daerah Sulawesi, juga makanan khas daerah Indonesia timur lainnya untuk bisa dengan mudah diakses via mesin pencari Google.

Sebenarnya bukan juga nyaris tidak ada. Ada sih. Saya menemukan beberapa ulasan mengenai makanan khas daerah Gorontalo di pencarian Google. Tapi sayangnya ada yang tidak akurat. Bukannya senang mendapatkannya, malahan jadi gemes-gemes gimanaa gitu rasanya berhubung saya berasal dari Sulawesi.

Entah yang membuat tulisannya hanya menebak-nebak tanpa riset mendalam, yang penting tulisan “resep makanan khas daerah” yang dibuatnya bisa masuk halaman awal pencarian Google. Ataukah dia salah kaprah.

Di salah satu artikel tertulis “saraba” sebagai minuman khas daerah Gorontalo padahal bukan. SARABBA, bukannya SARABA merupakan minuman khas daerah Makassar. Saya tahu karena ibu saya berasal dari Gorontalo dan saya lahir, besar, dan sekarang berdomisili di Makassar.

Orang tua saya berasal dari suku berbeda. Ayah saya dari suku Bugis dan ibu saya dari Gorontalo. Keduanya berjodoh di Makassar, lantas melahirkan saya dan kedua adik saya. Eh ini kenapa jadi bahas silsilah, yak, wkwkwk.

Saya kembali mengonfirmasi kepada kerabat untuk memastikan SARABA itu. Jangan-jangan sudah diklaim sama orang di Gorontalo kan berpotensi konflik tuh hehehe. Dugaan saya benar, tak ada itu, memang SARABBA dari Makassar, koq. Bukannya minuman khas daerah Gorontalo.

Nah, ada satu lagi jenis makanan khas daerah Gorontalo yang salah sebut. Namanya apa, gambarnya apa. Jadinya kan miris. Bukannya hasil dari tulisan itu memperkenalkan makanan dan minuman khas daerah Gorontalo, malah jadi mengacaukan. Padahal posisinya di pencarian Google strategis, mudah mendapat klik!

Nah, dalam tulisan ini saya mau memperkenalkan BILENDANGO – makanan khas daerah Gorontalo yang berbahan dasar ikan. Simak resep masakan ikan ini, ya.

Resep Bilendango – Makanan Khas Daerah Gorontalo

Bahan:

  1. Ikan. Jenisnya bisa apa saja. Satu ekor utuh, belah dari punggungnya sehingga terbuka secara simetris dengan bagian dada/perut ikan menghadap ke atas. Harus terampil nih di bagian ini. Kalau tak yakin bisa melakukannya, mendingan minta tolong sama penjual ikannya ya.
  2. Bumbu dasarnya adalah bawang putih, bawang merah, tomat, dan cabe rawit.
  3. Mengenai jumlahnya berapa, saya biasanya mengira-ngira. Untuk 1 ekor ikan ukuran sedang bawang putih 1 – 2 siung, bawang merah 2 – 3 siung. Bagi Anda yang tak suka kadar bawang banyak boleh dikurangi. Saya sendiri penggemar segala jenis bawang. Mungkin kadar bawang dalam resep ini kebanyakan buat Anda.
  4. Tomatnya, sekita 2 – 3 buah. Saya suka pakai tomat buah.
  5. Cabe rawit sesuai selera, ya.
  6. Kadang-kadang saya menambahkan kemiri, daun bawang, dan sambal tumis sebagai pelengkap bumbunya.
  7. Jangan lupa garam, yaa …. seperti biasa, secukupnya saja.

 

Cara memasak bilendango – makanan khas daerah Gorontalo.

  1. Setelah ikan dicuci bersih, letakkan dengan posisi bagian perut terbuka dan ikan terlihat simetris kiri-kanan. Ikannya tidak perlu dilumuri terlebih dulu dengan jeruk nipis atau direndam dengan air asam, ya. Trust me.
  2. Ulek semua bumbu tanpa terkecuali. Tidak perlu terlalu halus supaya tidak terlalu berair dan tidak turun di dalam minyak dalam penggorengan ketika dimasak.
  3. Letakkan semua bumbu di atas ikan.
  4. Panaskan minyak di dalam penggorengan.
  5. Jika minyak sudah panas, masukkan ikan. Tutup denga tutup penggorengan atau tutup panci, sesekali diintip, siram-siramkan minyak ke atas bumbu.
  6. Tentunya JANGAN DIBOLAK-BALIK ikannya ya, Gaes. Bisa ambyar semuanya kalau dibalik. Percaya saja kalau nanti bakal matang dan enak, hehe.
  7. Perhatikan warna ikan. Kalau sudah biasa masak ikan, pasti tahu kapan ikannya matang. Nah, kalau makanan khas daerah Gorontalo ini sudah matang, angkat. Hati-hati mengangkatnya, ya. Jangan sampai semua bumbu jatuh kembali ke dalam minyak. Bisa repot!

Nah demikian resep salah satu makanan khas daerah Gorontalo yang bisa saya bagikan di sini. Saya tidak menguasai banyak resep makanan tapi kalau yang ini sudah beberapa kali saya masak. Selamat menikmati. Kalau masakannya tidak enak, bukan karena resepnya ya, Gaes. Teman-teman saya sudah pernah mencicipi bilendango buatan saya dan mereka bilang enak.

Tentang Penulis: Mugniar Marakarma

Gambar Gravatar
Mamak blogger dari Makassar yang senang berbagi lewat tulisan karena menurutnya menulis adalah cara termudah dan termurah dalam menebar kebaikan dan cara menulis yang paling asyik adalah ngeblog.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments