Pilihan Resep Masakan Ayam Favorit Keluarga

oleh -4 views

Selain ikan. ayam merupakan bahan makanan yang sering saya beli di pasar untuk menu makan sehari-hari keluarga di rumah. Selain mudah didapatkan, harganya pun ramah di kantong, apalagi selama pandemi ini sebisa mungkin membuat masakan dengan meminimalkan pengeluaran namun tetap terpenuhi nutrisinya.

Memang sih jenis ayam negeri yang paling sering saya beli dibandingkan dengan ayam kampung. Enaknya lagi beli ayam di pasar dekat rumah itu fresh karena biasanya langsung potong di situ. Kalau pun sudah dipotong waktunya tidak terlalu lama. Ayam bisa dibeli satuan, setengah pun boleh kok. Saya jarang sekali membeli ayam satuan, biasanya saya beli paha ayam, sayap ayam, dan ayam fillet. Sesekali membeli ati ampela ayam juga tergantung mood saat belanja aja di pasar.

Selain ayam, saya juga sekalian membeli bumbu-bumbunya baik bumbu instan (sesekali), bumbu giling, maupun bumbu mentah yang nantinya saya haluskan sendiri di rumah.

Lalu, ayam yang saya beli tersebut biasanya dimasak apa sih? tergantung permintaan anak-anak aja atau tergantung bumbu yang ada di rumah. Berikut ini beberapa pilihan menu ayam yang biasa saya masak buat keluarga di rumah, antara lain :

Ayam Tepung Bumbu Telur Asin

Awalnya sih gak kepikiran untuk masak ayam bumbu telur asin seperti ini, apalagi saya gak tau resepnya. hari gini masih bilang gak tau, padahal bisa googling 🙂 Iya.. .iya udah googling kok cuma praktiknya aja yang lama.

Eh gak taunya saya nemuin bumbu telur asin dari salah satu brand terkenal dan harganya terjangkau. Jadilah saya nyobain bikin ayam tepung bumbu telur asin tersebut.

Resep masakan yang dibuat ini mudah kok, walaupun ada langkah-langkah lain yang harus dilakukan terlebih dahulu. Kalau teman-teman rajin gak usah beli bumbu telur asinnya tapi bikin aja sendiri dari telur asin matang yang di jual di pasar.

Nah, kalau mau bikin ayam bumbu telur asin ini, belinya ayam fillet ya biar lebih mudah buatnya. Kalau resep saya sih ayam fillet dipotong kecil-kecil lalu dicampurkan dengan tepung dan telur. Goreng deh ayamnya, lalu terakhir dimasukkan telur asin yang sudah dilarutkan.

Rasanya gimana? kalau kata anak-anak sih enak (jangan-jangan kalau bilang gak enak takut gak dikasih makan lagi hihihi). Menurut mereka rasanya kaya ayam Eatlah. Oh ya Eatlah ini adalah brand ayam atau ikan dengan bumbu telur asin yang di jual di Jakarta, ade deh di Bekasi masih baru tapi malah belum nyobain beli di sini.

Ayam Giling Semur

Ini juga menu yang dibuat dari ayam fillet lainnya yang sering saya buat. Biasanya ayam fillet saya giling pakai alat di rumah, tapi kalau lagi malas saya cincang pakai pisau aja. Aneh ya ada juga kalau malas giling pakai alat malah kebalikan dengan saya. Soalnya males nyuci alatnya.

Bikin ayam giling semur ini bisa multi manfaat lho. Bisa dimakan pakai nasi atau tim juga untuk toping mie ayam. Tinggal beli aja mienya trus di rebus sendiri deh. Bumbunya juga gampang kok sama kaya bikin semur pokoknya tinggal ulek aja.

Atau kalau mau praktis lagi ayamnya yang sudah digiling ditumis aja pakai bumbu spaghetti tapi jangan lupa ditambahkan bawang putih dan bawang bombay biar lebih enak rasanya.

Itu sih baru sebagian menu ayam yang biasa saya buat di rumah. Menu lainnya sih standar kok kaya ayam goreng, ayam opor, ayam kari, atau soto ayam.

Kalau teman-teman sukanya masak ayam di apain? sharing dong siapa tau ada menu baru yang bisa saya ikuti nanti.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments