Mengenal Algoritma Featured Snippet Decluttered, Posisi Nol Dalam Pencarian

oleh -84 views

Mengenal Algoritma Featured Snippet Decluttered, Posisi Nol Dalam Pencarian. Google merupakan sebuah mesin pencari populer di dunia, perusahaan multinasional yang bergerak dibidang layanan produk dan jasa internet ini memang, menurut beberapa sumber, pendapatan google terbesar adalah adwords sebuah produk layanan periklanan internet, yang biasanya kita lebih mengenal dengan sebutan google adwords bagi pemasang iklan dan publiser adsense bagi blogger yang memasang iklan tersebut pafa blognya.

Dari semua jenis layanan internet yang dikeluarkan oleh google, mesin pencari adalah salah satu yang paling banyak digunakan oleh pengguna, tidak saja mereka yang butuh informasi, para pemilik website termasuk bloggerpun memanfaatkan mesin pencari ini sebagai salah satu sumber trafik dalam meningkatkan visitor situs mereka. Dalam menentukan posisi pada mesin pencari, google menciptakan sebuah algoritma yang merupakan sebuah sistem perangkingan berbasis data.

Algoritma yang dikeluarkan oleh google dari tahun ketahun selalu menggunakan kata “update” yang artinya setiap algoritma yang dikeluarkan masih membutuhkan perbaikan dalam melakukan tugasnya mencari situ-situs yang relevan dengan apa yang dikehendaki oleh pengguna, hingga awal tahun 2020 google mengeluarkan update core algoritma untuk yang kesekian kalnya sejak terakhir september 2019.

Sebenarnya banyak sekali nama atau jenis-jenis algoritma yang dikeluarkan oleh google sejak awal hingga kini, sebut saja penguin, panda, Bert, dan terakhir core algoritma semuanya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, disinilah sebenarnya seorang blogger harus selalu memperhatikan pergerakan algoritma dari google tersebut, karena semuanya berhubungan dengan optimasi offpage dimana seorang blogger dituntut untuk memaksimalkan kualitas blognya di mesin pencari, dan Sekitar pertengahan januari 2020 google melakukan pembaharuan pada Algoritma Featured Snippet Decluttered

Udate Featured Snippet Decluttered Januari 2020

Apa itu Featured Snippet Decluttered ? secara umum adalah cuplikan tampilan ringkasan yang singkat dari sebuah deskripsi pada konten, cuplikan ini tampil dihalaman pertama diatas posisi 1 google, awalnya jika cuplikan ini tampi di atas posisi satu halaman pertama google, otomatis juga web tersbeut akan menempati posisi ranking pada halaman satu google atau pada halaman dua, double ranking inilah sebenarnya yang diperbaiki oleh google pada update januari 2020.

Seorang pakar seo Dunia asal amerika serikat Danny sullivan yang juga founder Search Engine Land dan tim penasehat google menmgatakan, jika sebuah website tampil pada cuplikan paling atas di halaman pertama maka google tidak akan lagi memberikan posisi pada halaman manapun digoogle, artinya situs tersebut hanya ditampilkan pada cuplikan untuk memberikan jawaban ringkas atas pertanyaan yang di ajukan pengguna pada mesin pencari. Dia juga menambahkan bahwa cuplikan tersebut dihitung sebagai salah satu dari 10 daftar situs yang tampil pada halaman pertama.

Apakah tampilan Featured Snippet Decluttered berada pada posisi Nol pencarian ?

Banyak pendapat bermunculan atas pernyataan Danny Sullivan tersebut dimana dia mengatakan bahwa cuplikan snippet sebagai salah satu dari 10 posisi halaman pertama google ini artinya posisi cuplikan berada pada posisi 1, namun banyak yang menilai hasil cuplikan tersebut berada pada posisi NOL dan bukan termasuk dari peringkat halaman di google, ini juga berdasarkan jawaban google sendiri bahwa cuplikan tidak menjamin bahwa url tersebut otomatis berada pada ranking google.

Kesimpulannya bahwa Featured Snippet Decluttered pada halaman google berada pada posisi Nol bukan posisi satu sebagaimana yang banyak beredar, namun hadirnya Featured Snippet Decluttered pada posisi atas ini menjadi incaran para marketer dan pemilik usaha bisnis maupun blogger, mengingat posisi yang strategis tersebut akan banyak mengundang klik pengunjung, Mary Halnes seorang consultan marketinng As Mnilai saat ini tidak saja ranking posisi yang diburu oleh pelaku seo tetapi juga Featured Snippet Decluttered cuplikan yang mengundang klik.

Bagaimana sebuah konten bisa berada pada posisi Nol mesin pencari ?

Ini juga termasuk pertanyaan yang sering kita dengar, bagaimana konten yang kita buat bisa berada pada posisi nol yang berisi cuplikan singkat tadi ? pastinya bukan kapasitas penulis untuk membahas masalah ini mengingat penulis juga masih dalam tahap belajar tentang seo, tetapi secara umum, google sudah memberikan kode-kode tertentu bagaimana agar kita bisa tampil pada cuplikan pencarian. beberapa diantaran seperti tidak menggunakan judul yang panjang dan bertele-tele pada judul konten, deskripsi yang jelas dan singkat, hindari penjejalan kata kunci yang berulang-ulang, dan sebagainya.

Dan yang Tidak kalah penting lagi buatlah tulisan yang menarik, informatif dan menjawab pertanyaan yang diajukan pengguna mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dibidik, misalnya kita membuat tulisan Cara membuat minuman bandrek, maka sebisa mungkin kita bisa mengetahui pertanyaan pengguna tentang , apa sih bandrek ? terbuat dari apa? manfaatnya apa? dan darimana minuman ini berasal? mungkin dnegan begitu konten yang kita buat berhasil masuk dalam cuplikan mesin pencari google, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: qbenk raflesia

Gambar Gravatar
Blogger pemula asal pontianak, senang belajar tentang blogging, masih banyak kekurangan dalam menulis dan tetap berusaha menjadi yang terbaik setidaknya bagi diri sendiri
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments