Begini Perbadaan Stadium Kanker Ovarium Pembunuh Wanita Secara Diam Diam

oleh -2 views

Begini Perbadaan Stadium Kanker Ovarium Pembunuh Wanita Secara Diam Diam. Apa itu kanker ovarium? Kanker ovarium merupakan tumor ganas yang tidak mempunyai gejala klinis dan akan berkembang secara diam-diam di dalam tubuh manusia sehingga berkembang hingga mulai muncul keluhan. Keluhan berupa adanya desakan massa tumor pada organ-organ pelvis, atau akibat penyebaran kanker ke daerah rongga perut, hepar, usus, ginjal, omentum dan diafragma. Perkembang secara diam-diam ini mengakibatkan tidak di deteksi dini kanker ovarium dan angka harapan hidup 5 tahun penderita kanker ovarium cukup rendah di bandingkan kanker ganas lainnya.

Faktor yang mempengaruhi angka harapan hidup penderita kanker ovarium adalah stadium penyakit, jenis histopatologi, terapi yang di berikan, usia dan ukuran tumor. Gambar kanker ovarium dengan angka harapan hidup 5 tahun stadium 1 dan 2 adalah 96% dan untuk stadium 3 dan 4 adalah 31%. Angka harapan hidup pada kanker ovarium selama 5 tahun adalah 53%. Perbedaan stadium penyakit, terbagi dari beberapa jenis antara lain:

  • Kanker Ovarium stadium 1, kanker ini dibagi lagi menjadi Kanker Ovarium stadium 1a (pertumbuhan terbatas pada satu ovarium, tidak ada asites yang berisi sel ganas, tidak ada pertumbuhan di permukaan luar), Kanker Ovarium stadium 1b (Pertumbuhan terbatas pada kedua ovarium, tidak ada asites berisi sel ganas dan tidak ada tumor di permukaan luar), Kanker Ovarium stadium 1c( tumor dengan stadium 1a atau 1b tetapi ada tumor di permukaan ovarium,kapsul pecah dan asites berisi sel ganas)
  • Kanker Ovarium Stadium 2 terdiri dari beberpa jenis yaitu Kanker Ovarium stadium 2a (Perluasan atau metastasis ke uterus atau tuba), Kanker Ovarium stadium 2b ( perluasan ke jaringan pelvis lainnya), Kanker Ovariumstadium 2c ( tumor stadium 2a atau 2b dengan adanya tumor di permukaan ovarium,kapsul pecah dan asites berisi sel ganas).
  • Kanker Ovarium stadium 3, terdiri dari beberapa bagian yaitu Kanker Ovarium stadium 3a ( tumor terbatas di pelvis kecil dengan kelenjar getah bening negatif tetapi di konfirmasi secara mikroskopik adanya pertumbuhan di permukaan peritoneum abdominal), Kanker Ovarium stadium 3b ( tumor mengenai satu atau kedua ovarium dengan impalant di permukaan peritoneum dan terbukti secara mikroskopik dengan diameter tidak melebihi 2cm), Kanker Ovarium stadium 3C ( Implan di abdomen dengan diamter lebih dari 2 cm dan kelenjar getah bening retroperitoneal).
  • Kanker Ovarium stadium 4 yaitu pertumbuhan mengenai satu atau kedua ovarium dengan metastasis jauh. Bila adanya efusi pleura dan hasil pemeriksaan sitologi positif dimaskan dalam stadim 4

Obat pada Kanker ovarium? penanganan kanker ovarium berbeda-beda tergantung tingkat stadium dan kondisi kesehatan. Penanganan utama kanker ovarium adalah melalui operasi dan kemoterapi. Pengobatan kanker ovarium melalui pembedahan atau operasi biasa melalui pengangkatan kedua ovarium atau sebagian, prosedur ini juga bisa sekalian mengangkat kelenjar getah bening pada panggul dan rongga perut.

Pada pengangkatan kedua ovarium dapat menyebabkan penderita tidak dapat memiliki keturunan.Pada pengobatan kanker ovarium melalui kemoterapi dapat di berikan sesudah ataupun sebelum operasi dengan efek samping yang akan timbul ialah kurang nafsu makan, mual, muntah, lemas, rambut rontok serta meningkatnya infeksi.

Setelah melalui pengobatan, apakah ada kemungkinan kanker ovarium stadium 4 bisa sembuh? Kanker ovarium memiliki kemungkinan untuk sembuh meskipun sedikit ataupun hanya bertahan dengan angka harapan hidup selama lima tahun. Semua ini tergantung pada keadaan kanker stadium 4 dan penyebarannya pada organ tubuh lainnya. Dan sebaiknya kita waspada Terhadap Kanker Ovarium Pembunuh Wanita Secara Diam Diam

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments