Bandrek minuman asalnya dari mana ? Sumatera atau Jawa?

oleh -4 views

Bandrek minuman asalnya dari mana ? Sumatera atau Jawa? Tulisan ini bukan untuk jadi bahan perdebatan ya tetapi hanya pertanyaan dari cerita saya buat teman-teman saya di kubu raya dan pontianak, kenapa kok bertanya seperti itu ? ceritanya, beberapa waktu lalu saya di ajak seorang teman untuk mencicipi sebuah minuman tradisional, namanya bandrek, teman saya bilang, minuman tersebut sangat baik untuk kesehatan karena terbuat dari bahan alami yaitu jahe merah, konon jahe merah berbeda dengan jahe putih, rasanya lebih panas dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk minuman herbal menghangatkan tubuh, jahe merah juga berkhasiat bagi mereka yang terkena masuk angin, sering bergadang serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari tumbuhan jahe merah ini.

Nah balik lagi ke bandrek, kebetulan memang suasana perbatasan kubu raya dan kota pontianak lagi dilanda hujan, jadi ajakan teman tadi saya anggap kesempatan untuk mencoba minuman bandrek yang memang belum pernah saya coba, kami kesana saat suasana menjelang malam diiringi gerimisnya hujan, sesampainya di situ kami ditanya mau pesan bandrek jenis apa? penjual menawarkan 3 jenis bandrek, yaitu original, bandrek susu dan bandrek susu telor, karena baru pertama kalinya saya ingin merasakan minuman ini maka saya pilih bandrek susu.

 

Saat minuman tersebut datang, saya coba mencicipi dengan sendok yang tersedia, rasanya, luar biasa enak, badan terasa enak dan segar, luar biasa sekali minuman ini, saya bilang sama penjualnya, ” mas ini enak bener ya, saya baru pertama kali minum bandrek”, penjualnya tersenyum dan berkata ” apalagi kalau lagi masuk angin bang, minum yang original, anginnya langsung keluar” katanya. ” Ah bener nih bisa redakan masuk angin?” tanyaku. “iya bisa coba saja nanti” jawabnya.

Kesan pertama saya minum bandrek, minuman ini memiliki citra rasa yang pedas dan manis, dimimun  harus dalam keadaan panas atau hangat, saat kita minum, rasa hangat menebar langsung ke badan, sehingga hasilnya badan kita terasa lebih segar , ringan dan hangat, memang cocok sekali minuman ini di nikmati pada malam hari apalagi saat cuaca dingin, Saya jadi ingat kata penjualnya bahwa minuman bandrek yang original bisa meredakan masuk angin, kebetulan beberapa hari setelahnya, saya merasakan badan yang kurang fit, sering sendawa, perut terasa kembung, ini tanda-tanda masuk angin kayaknya.

Saya kembali lagi ketempat tersebut sendiri, karena sendiri saya memesan bandrek original dan minta dibungkus dengan kantong plastik saja dan minum dirumah, sesampainya dirumah saya mencobanya, hasilnya memang terbukti, perut jadi terasa ringan dan sempat beberapa kali buang angin, badan berkeringat karena hawa jahe merah yang hangat dan terasa panas. Melihat khasiatnya ini, saya mengajak seorang teman lainnya di daerah ringin sari, sebuah kawasan yang penduduknya mayoritas dari jawa khususnya jawa tengah dan jawa timur, ketika saya tanya apakah mereka pernah minum bandrek, mereka jawab tidak pernah, mendengar namanya pernah tapi mencoba minumnya belum pernah.

Terang saja saya heran, bukannya bandrek itu minuman jawa? saat saya tanya begini, teman saya yang orang jawa malah berkata ” kalau sekoteng itu memang asalnya dari jawa, jawa barat, kalau bandrek itu memang dari medan sumatera utara” lalu teman melanjutkan penjelasannya ” kalau bandrek itu bahannya dari jahe merah bro, kalau sekoteng dari jahe putih dan isinya banyak macamnya, kalau bandrek murni minuman”, saya cuma bengong, lha mana yang bener ini ? setahu saya bandrek memang saya dengar asalnya dari jawa, kok malah teman yang asalnya dari jawa ini bilang bandrek dari sumatera utara hehehe.

Saya akhirnya tidak melanjutkan diskusi bandrek tadi, beberapa waktu kemudian, teman-teman blogger pontianak mengajak saya ketemuan ngobrol santai di warung kopi, lalu saya sarankan untuk bersantai menikmati suasana malam di bandrek dimana tempat saya sering kesitu, mereka setuju, akhirnya malamnya kami bertemu di bandrek tersebut, saat kami ngobrol soal blog dsan youtube, mendadak datang rombongan ibu-ibu mereka bercanda ria dengan bahasa yang asing ditelinga saya, tetapi lama lama saya paham kalau mereka adalah ibu-ibu dari komunitas keluaga dari medan (batak)

Uniknya sipenjual yang saya kira aslinya jawa ternyata orang medan juga hahaha,, di sisnilah saya jadi teringat teman yang kemarin bilang bahwa bandrek asalnya dari medan, benarkah? saya masih tidak percaya, akhirnya karena penasaran , keesokan harinya saya mencoba googling mencari informasi dari mana sebenarnya asal minuman bandrak ini, dari hasil penelusuran saya memang ternyata bandrek berasal dari jawa tepatnya jawa barat, ini menurut situs besar wikipedia, berikut kuitpannya :

” Bandrek  adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia, yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya” (wikipedia)

Kemudian untuk mematahkan argumen teman saya yang mengatakan bandrek berasal dari medan, maka saya coba telusuri informasi tentang bandrek di medan, hasilnya? memang banyak web yang mempubilkasikan keberadaan bandrek di medan tetapi itu bukan membahas tentang materi asal mula bandrek tetapi tentang usaha bandrek yang dilakukan oleh masyarakat medan yang pernah merantau ke pulau jawa, disalah satu situs nasional kompas tetap mengatakan bandrek memang berasal dari jawa barat.

“Bandrek begitu prestise bukan hanya karena kehangatan yang ditimbulkan oleh minuman asal Tanah Sunda ini, bukan juga karena rasanya yang nikmat di lidah, namun karena apa yang terkandung di dalamnya. Minuman ini terbuat dari berbagai campuran rempah-rempah seperti cengkeh, pala, gula aren, dan lada hitam. ” ( Kompas dot com “Torehan Sejarah dalam Segelas Bandrek” Nicky Aulia Widadio)

Dari sinilah akhirnya saya menyimpulkan bahwa minuman bandrek memang berasal dari jawa tetaptnya jawa barat, kemungkinan teman saya yang menyatakan bandrek berasal dari medan karena di kuburaya dan pontianak penjual bandrek rata-rata memang orang medan, dan dari penelusuran internet, di medan sendiri minuman bandrek cukup populer di sana, dan terbukti juga ibu ibu dari komunitas keluarga besar medan di pontianak kemarin singgah ke tempat dimana kami minum bandrek yang kebetulan si penjualnya ternyata juga orang medan. Jadi pertanyaan Bandrek minuman asalnya dari mana ? Sumatera atau Jawa? jawabnya adalah Berasal dari JAWA BARAT

Penulis : Qbenk / Pontianak

Tentang Penulis: qbenk raflesia

Gambar Gravatar
Blogger pemula asal pontianak, senang belajar tentang blogging, masih banyak kekurangan dalam menulis dan tetap berusaha menjadi yang terbaik setidaknya bagi diri sendiri
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments