7 Cara Mudah Belajar Masak Bagi Pemula

oleh -1 views

7 Cara Mudah Belajar Masak Bagi Pemula – Memasak bagi sebagian besar orang bukanlah hal mudah. Memilih bahan ataupun menggunakan peralatan dapur kadang membingungkan. Saya masih ingat dulu, ketika belum bisa memasak saya bahkan tidak bisa membedakan bumbu dapur, antara jahe dan lengkuas.

Tapi buat anda yang tidak bisa masak, jangan khawatir. Sekarang belajar masak semakin mudah. Anda bisa mencoba tujuh cara mudah belajar masak berikut ini.

1. Membantu Ibu Memasak di Dapur

Ibu adalah guru masak pertama bagi saya. Dulu saat belum bisa masak, saya selalu ikut membantu ibu memasak di dapur. Mulai dari hal yang sederhana, misalnya memetik sayuran ataupun mengupas bawang.

Dari ibu saya juga mengenal aneka bumbu dapur yang awalnya sangat susah saya bedakan itu. Lalu lanjut membantu memasak sayuran ataupun menggoreng lauk pauk.

Lama-lama saya pun bisa memasak sendiri meski dengan resep yang sederhana. Anda bisa mencobanya. Belajar memasak bersama ibu tentu akan lebih mudah, karena bisa melihat cara memasak secara langsung.

2. Ikut Acara Cooking Class

Belajar masak secara mudah bisa didapat dengan mengikuti cooking class. Saat ini beberapa acara komunitas yang digelar oleh ibu-ibu, biasanya selalu menyisipkan cooking class sebagai salah satu agenda acara. Anda bisa memanfaatkan momen ini.

Mengikuti cooking class akan membuat anda belajar memasak secara langsung. Tak perlu takut, karena biasanya saat cooking class, menggunakan resep sederhana untuk di uji cobakan.

3. Mendaftar Kursus Memasak

Bagi anda yang ingin lebih serius belajar memasak, anda bisa mendaftar kursus memasak. Anda bisa belajar masak langsung pada ahlinya.

Saat ini banyak sekali kursus memasak yang tersedia. Baik datang langsung ke tempat kursus atau kursus masak secara online. Anda tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Menonton Acara Memasak di Televisi

Mau belajar masak langsung dengan chef terkenal secara gratis? Gampang! Anda bisa menonton acara memasak di televisi. Saat ini sangat banyak acara memasak yang ditayangkan di televisi.

Acara memasak di televisi memberikan cara memasak yang lengkap. Mulai dari bagaimana memilih bahan masakan, langkah-langkah memasak hingga bagaimana proses menyajikan masakan yang sudah matang (platting). Bahkan terkadang para chef juga membagikan tips dan trik yang bisa digunakan agar memasak semakin mudah.

5. Mengunduh Aplikasi Memasak

Era digital seperti ini, sangat mudah untuk mendapatkan informasi, termasuk informasi bagimana cara mudah memasak. Anda bisa mengunduh aplikasi memasak pada ponsel pintar anda.

Saat ini ada banyak aplikasi memasak yang bisa anda pilih, mulai dari YummyApp, Cookpad, Resepedia, Tasty dan banyak lainnya.

Pilih yang anda mau. Saat akan memasak, anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut. Memasak sesuai anjuran dari aplikasi tersebut.

6. Berselancar di Website Masakan

Anda juga bisa belajar masak dengan berselancar di website masakan. Banyak sekali website masakan yang bisa dimanfaatkan. Contoh website masakan yang sangat recomended untuk belajar masak misalnya Resepid.com, Resepkoki.co, , dan Sajiansedap.grid.id. Atau anda bisa mencoba website masakan terbaru, RinaResep.com.

7. Membaca Buku Resep

Buku resep juga bisa anda gunakan untuk belajar memasak. Saya masih ingat, dulu ibu saya suka membeli banyak buku resep masakan. Bahkan tak jarang ibu membuat kliping resep masakan yang didapatkan dari majalah ataupun tabloid.

Sekarang meski buku masakan masih banyak di jual di toko buku, anda juga bisa memilih membaca ebook buku resep. Banyak ebook buku resep yang bisa diunduh melalui play store. Pilih saja.

Bagaimana? Belajar memasak itu mudah. Anda hanya perlu keberanian untuk mulai mencoba. Jadi, belajar masak? Siapa takut!.