6 Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Enak

oleh -2 views
tips memasak cumi
Gambar : liputan6.com

Tips Memasak Cumi Agar Resep Masakan Berhasil – Siapa yang tidak kenal cumi? Hewan laut ini memang bisa dinikmati di hampir semua daerah. Cukup mudah menemukan penjual cumi, karena lauk ini memang tidak musiman alias bisa tersedia sehari-hari.

Beberapa usaha kuliner yang menyediakan olahan cumi biasanya menawarkan harga yang cukup tinggi untuk satu porsi cumi. Dibanding beli makanan jadi, kenapa tidak mencoba masak? Selain lebih hemat, tentu ada rasa kepuasan tersendiri bukan?

Namun, memasak cumi itu gampang-gampang susah. Kalau salah bisa alot saat dimakan. Cumi juga memiliki tinta yang berwarna hitam yang tidak smua orang menyukainya. Lalu apa saja tips memasak cumi agar resep masakan berhasil dan hasilnya enak?

  1. Pastikan Beli Cumi yang Segar

Cumi segar terlihat dari teksturnya yang masih kenyal dan tidak mudah hancur. Lihat apakah badan dan ekpala cumi masih bersatu. Matanya juga akan terlihat segar. Baunya juga belum menyengat. Berbeda jika cumi yang dibeli sudah tidak segar, pasti baunya akan menyengat.

Namun hati-hati juga jika baunya sama sekali tidak ada, itu berarti cumi sudah direndam pengawet.

Sebaiknya jika ingin mendapatkan yang segar, datanglah ke tempat penjualan atau pasar di pagi hari seblum jam 7, agar kondisi cumi benar-benar masih segar.

  1. Saat Membersihkan, Hilangkan Tulang Halus Cumi

Bagi yang baru pertama kali memasak cumi, mungkin akan heran dengan bagian tulang lunak yang ada pada cumi di bagian dalam. Cukup tarik tulangnya agar keluar.

  1. Ingin Mempertahankan Tinta atau tidak

Dalam memasak cumi, tiap daerah beda acara mengolahnya. Ada resep daerah yang lebih senang mempertahankan tinta hitamnya, ada juga yang lebih senang tanpa tinta hitam. Keduanya oke, yang penting, resepnya sesuai dengan yang diinginkan. Jika ingin mempertahankan tinta hitamnya, pastikan tidak menghancurkan kantong tinta saat membersihkan cumi ya.

  1. Cuci Bersih dan Beri Jeruk Nipis/Asam Jawa

Setelah diambil tulangnya, potong cumi sesuai dengan keinginan, lalu beri jeruk nipis atau asam jawa agar tidak amis. Namun cukup mendiamkan sebentar saja, setelah itu cuci lagi dengan air bersih yang mengalir. Kandungan jeruk nipis memang paling oke untuk menghilangkan bau amis pada ikan maupun cumi. Tapi terlalu lama akan membuat rasa khas cumi menjadi pudar.

  1. Tips Memasak Cumi Paling Penting agar tidak Alot : Masukkan di Bagian Akhir Resep

Nah, yang paling sering terjadi saat-saat pertama kali memasak cumi adalah hasil akhir yang alot karena terlalu lama masak cumi. Padahal, cumi seharusnya dimasak di bagian akhir setelah semua bumbu halus telah masak dan mendidih. Cumi tidak perlu dimasak lama karena justru akan membuat cumi alot. Jadi jika sudah di bagian akhir, pastikan cumi sudah matang langsung diangkat ya.

  1. Mencontek Resep Masakan di Website Resep

Nah, buat teman-teman yang ingin belajar memasak cumi, ataupun belajar memasak masakan lainnya, kini tidak perlu repot mencatat resep yang ditampilkan di televisi. Dengan modal gawai yang kita gunakan, kita bisa membuka website resep masakan rinaresep.com di browser gawai. Website resep masakan rinaresep.com bisa menjadi pilihan teman-teman.

Di sana, terdapat petunjuk masak yang cocok bagi pemula. Karena selain dilengkapi dengan langkah-langkah yang jelas, juga terdapat tips memasak langsung dari para penulis resep. Apalagi resep yang ditulis adalah resep yang sudah diuji coba dan bukan resep asal comot dari website lain.

Resep masakan rinaresep.com adalah sebuah website resep makanan yang memiliki banyak inspirasi resep masakan mulai dari masakan Indonesia hingga masakan internasional. Resep yang ditampilkan diklaim berasal dari kreasi  sehari-hari dan pengalaman food traveling penulis ke berbagai daerah. Sangat cocok untuk para pemula yang ingin belajar masak.

Kesimpulan

Itu ida tips memasak cumi untuk pemula. Biasanya, selain bahan yang lengkap dan segar, salah satu komponen penting agar masakan berhasil adalah rasa senang dalam memasak.

Konon, kebahagaiaan saat memasak makanan tertentu juga akan menularkan rasa yang enak pada masakan yang dihasilkan. Bisa dicoba lho, hehe.

Yang pasti, tips memasak cumi sebenarnya sangat mudah dilakukan. Gagal di awal tidak mengapa, coba lagi memask agar menghasilkan tekstur dan rasa masakan yang pas di lidah. Coba berbagai resep yang ada. Sesuaikan dengan selera anggota keluarga. Siapa tahu, nantinya bisa mengambangkan ke usaha kuliner? Mengapa tidak? Hehe.

Referensi :
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3673845/cara-memasak-cumi-agar-tidak-alot-dan-bau-amis