3 Cara Mengunjungi Kota Pare Pare

oleh -2 views
cara ke para pare

3 Cara Mengunjungi Kota Pare Pare – Pernah dengar nama kota Pare pare di Sulawesi Selatan? Kalau kalian buka Wikipedia, akan mendapatkan penjelasan ini:

Kota Parepare adalah kota di provinsi Sulsel, Indonesia. Wilayah kota ini memiliki luas 99,33 km² dan berpenduduk 145.178 jiwa. Salah satu tokoh terkenal yang lahir di kota ini adalah B. J. Habibie, presiden ke-3 Indonesia.

Ya, almarhum Eyang Habibie – sebagaimana Pak Baharuddin Jusuf Habibie akrab disapa menjadi penyebab kota ini menjadi dikenal di seluruh Indonesia. Walaupun bukan berasal dari Pare pare, banyak yang mengenal Pak Habibie berasal dari sana karena menghabiskan masa kecilnya di kota Pare pare.

cara ke para pare
Sumber Wikipedia

Saya mengenal Pare pare sejak usia sekolah dasar, sejak belajar mengenai provinsi tempat saya berdomisili – Sulawesi Selatan. Suatu ketika saya berkesempatan menyambanginya untuk pertama kalinya saat usia sekoah dasar itu bersama kakak sepupu, mengunjungi kerabat kami yang tinggal di sana.

Tak disangka, sekian tahun kemudian saya berjodoh dengan lelaki yang orang tuanya berdomisili di kota Pare pare. Kunjungan berikutnya adalah ketika melangsungkan pesta pernikahan di rumah mertua di sana.

Wisata di Pare pare

Hingga saat ini, pariwisata di kota Pare pare berkembang pesat. Ada banyak tempat yang dulu tak ada, sekarang sering dikunjungi para wisatawan baik lokal, dari daerah lain di Indonesia, dan dari berbagai belahan dunia.

Ini dia beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Pare pare

  1. Monumen Habibie & Ainun
  2. Pantai Mattirotasi
  3. Taman Mattirotasi
  4. Pales Teduh
  5. Tonrangeng River Side
  6. Pantai Pasir Putih Tonrangeng
  7. Pantai Senggol
  8. Gunung Nepo
  9. Taman Syariah
  10. Kebun Raya Jompie
  11. Air Terjun Tompangnge
  12. Monumen Piala Adipura
Bagaimana ke pare pare
Monumen Cinta Habibie-Ainun. Sumber Tribunnews.com

Bagaimana ke Pare pare

 

Dari bandara, kalau mau langsung ke Pare pare bisa, tidak perlu masuk kota Makassar karena kalian akan menempuh jalur yang berbeda. Kalau ke Kota Makassar ke arah selatan maka ke Kota Pare pare kalian harus menempuh perjalanan ke arah utara, melalui jalan poros lintas provinsi.

Tapi kalau mau masuk ke Kota Makassar juga tak mengapa, sayang kan ya kalau sudah ke Sulawesi Selatan tapi tidak mampir ke Makassar bertemu saya. Eh 😊 Maksudnya kan di Makassar juga banyak tempat wisata asyik terutama wisata kuliner asyik. Saya bisa referensikan tempat makan yang memiliki kekuatan resep masakan yang menggetarkan lidah.

Ah jadi ngelantur.

Nah, begini nih caranya kalau mau ke Pare pare

1. Naik Bus Damri (Bus Patas)

 

Kalau dari dalam kota Makassar, harus ke terminal Bus Damri dulu. Bus Damri biasa juga disebut Bus Patas. Kalau saya tidak salah istilah patas ini berarti “cepat terbatas”.  Mengapa ada istilah itu, saya tidak mengetahuinya mengapa dulu muncul tapi istilah itu masih dikenal hingga saat ini.

Sering kali saya mendengar orang mengatakan hendak ke Pare pare “naik patas”. Naik patas berarti naik bus  patas atau naik bus Damri. Terminal ini beralamat di jalan Toddopuli Raya. Letaknya persis di seberang Pasar Toddopuli. Mudahlah menemukannya.

Alternatif lainnya, kalian bisa ke Terminal Daya. Nah Terminal Daya ini letaknya lebih dekat kalau dari arah bandar udara. Jadi, kalau turun dari pesawat pengen langsung ke Pare pare, bisa tuh langsung ke Terminal Daya saja.

2. Naik Rental Mobil Makassar – Pare pare

 

Cara kedua adalah melalui rental mobil Makassar Pare pare. Biasanya sih setahu saya yang disewa adalah mobil-mobil milik pribadi beserta sopirnya. Atau kalau kalian punya sopir sendiri, boleh pakai sopir sendiri.

3. Naik Mobil Penumpang Plat Hitam

 

Nah, sebenarnya tidak boleh ya karena aturannya, mobil angkutan umum harusnya berplat kuning tapi gimana lagi, lha lebih nyaman lho naik mobil antar-jemput penumpang dari Makassar ke Pare pare.

Kita tinggal sewa tempat sebanyak jumlah orang yang akan bepergian, dijemput di rumah pula. Tinggal duduk manis, tunggu jemputan datang. Praktis daripada harus ke terminal yang di sana suasananya tidak nyaman apalagi jika membawa bayi dan orang yang sudah sepuh.

Bagaimana ke Pare pare
Peta Makassar – Pare pare. Sumber DetikNews.

 

Nah secara umum, tiga cara itu bisa dilakukan, pilih saja salah satu. Ada lagi cara lain sih, yaitu dengan sambung-menyambung naik angkutan kota karena toh di tiap kota nanti akan sampai di dekat perbatasan kota/kabupaten. Tapi ribet ya cara ini hehe.

Paling enak memang kalau punya mobil pribadi atau naik mobil rental. Tapi buat yang kondisinya tak memungkinkan, cara-cara yang lain juga memungkikan koq untuk sampai di kota Pare pare. Silakan dijajal.

 

 

 

 

 

 

 

Tentang Penulis: Mugniar Marakarma

Gambar Gravatar
Mamak blogger dari Makassar yang senang berbagi lewat tulisan karena menurutnya menulis adalah cara termudah dan termurah dalam menebar kebaikan dan cara menulis yang paling asyik adalah ngeblog.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments